Safety Belt

Semangat Pagi…. Semoga aktifitas kita pagi ini selalu dalam lindungan Tuhan.

Pentingnya Penggunaan Safety Belt….

Menurut Hukum I Newton, suatu benda akan diam atau akan bergerak lurus dengan kecepatan tetap, tanpa adanya gaya dari luar yang bekerja padanya. Kecenderungan benda untuk mempertahankan kedudukannya ini disebut dengan inersia. Sehingga hukum I Newton disebut juga juga dengan hukum Inersia atau kelembamam.

Sifat inersia ini tampak sekali dalam kehidupan sehari-hari, misalnya seorang penumpang yang sedang duduk dengan nyaman, tiba-tiba akan terdorong ke depan ketika kendaraan yang dinaikinya di rem secara tiba-tiba. Apalagi kalau terjadi kecelakaan (bertabrakan dengan kendaraan lain), maka tubuh para penumpang akan membentur ke sana kemari.
safetybelt

Penggunaan Sabuk Pengaman

Untuk mengurangi resiko akibat kecelakaan gunakanlah sabuk pengaman. Sabuk pengaman adalah sebuah alat yang dirancang untuk menahan seorang penumpang mobil atau kendaraan lainnya agar tetap di tempat apabila terjadi tabrakan, atau, yang lebih lazim terjadi, bila kendaraan itu berhenti mendadak. Sabuk pengaman dirancang untuk mengurangi luka dengan menahan si pemakai dari benturan dengan bagian-bagian dalam kendaraan itu atau terlempar dari dalam kendaraannya.
kepala
Gerakan kepala jika terjadi tabrakan

Saat kendaraan yang kita tumpangi tiba-tiba direm mendadak atau menabrak sesuatu hingga berhenti, apa yang terjadi dengan kita ? Tentu tubuh kita akan terdorong, bahkan bisa terlempar ke depan. Seadainya di depan kita ada benda-benda yang berbahaya, misalnya benda keras atau kaca mobil, tentunya akan berakibat fatal.

Kegunaan sabuk pengaman (seat belt) akan “mengunci” tubuh kita di saat kita seharusnya “terdorong” ke depan karena sifat sifat inersia pada diri kita.

Nah, kalau sudah tahu sifat inersia atau kelembaman, semakin sadar kita untuk menggunakan sabuk pengaman.
Ada anggapan bahwa menggunakan safety belt itu tidak nyaman, sehingga safety belt itu digunakan hanya untuk lewat dari mata mata pengawasan polisi lalu lintas atau inspeksi safety untuk yang berada di site, dan setelah lewat ? klik ! safety belt kembali dibuka.

Apapun alasannya safety belt itu mencegah kita dari bahaya kecelakaan yang mengancam setiap detiknya. Kemanapun tujuan yang akan kita datangi, jauh atau dekat jaraknya, potensi kecelakaan selalu ada. Alangkah baiknya kita membiasakan diri menggunakan safety belt kemanapun kita pergi. “The safe way is the best way”.

Yusdar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s