Jokteng…

Jokteng atau Pojok Beteng mungkin kata ini cuma terdapat dikota Jogjakarta saja, karena aku hanya dengar dikota kelahiranku ini. Pojok beteng terdapat di sudut-sudut beteng yang melindungi Keraton Yogyakarta bukan disudut kota letaknya.

100_1448

Sebernarnya Keraton Yogyakarta punya 4 Pojok Betang yaitu :

– Pojok Beteng Wetan atau dalam Bahasa Indonesia berarti Pojok Beteng Timur. Pojok Beteng Wetan dilengkapi dengan tempat pengintain yang berjumlah tiga, tempat prajurit berjumlah sepuluh buah, dan sebuah gudang yang diduga sebagai gudang mesiu. Pojok Beteng Wetan ini tepatnya berada di sebelah barat perempatan Jl. Brigjend Katamso – Jl. Parangtritis – Jl. May. Jend. Sutoyo – Jl.Kolonel Sugiono.

– Pojok Beteng Kulon atau dalam Bahasa Indonesia berarti Pojok Beteng Barat. Disebut demikian karena letak Pojok benteng ini berada di sisi paling barat dan paling selatan dari wilayah Kraton Yogyakarta. Pojok Beteng Kulon dilengkapi dengan tempat pengintaian yang jumlahnya ada tiga buah dan tempat prajurit sebanyak sepuluh buah. Tetapi Pojok Beteng Kulon tidak dilengkapi dengan ruangan yang berfungsi sebagai gudang mesiu. Posisi Pojok Beteng Kulon tepatnya berada di sisi timur perempatan Jl. Wachid Hasyim – Jl. Bantul – Jl. Sugeng Jeroni – Jl.Let Jend MT Haryono.

– Pojok Beteng Lor atau Pojok Beteng Utara.

Nah yang satunya mana? Satu pojok benteng sudah tidak lagi tersisa terletak di sebelah utara-timur Keraton. Pojok Beteng ini hancur rata dengan tanah ketika di gempur oleh Pasukan Inggris pada peristiwa yang dikenal sebagai “Geger Spei”

100_1612

Pada tahun 1812 pasukan Inggris berhasil mengalahkan Kasultanan Yogyakarta yang pada masa itu diperintah oleh Sultan Hamengkubuwana II. Di sebut “Geger Spei: karena pada waktu itu Inggris mengerahkan pasukan bayaran dari India yang disebut Pasukan Sepoy. Lagi-lagi lidah Jogja menyebut Sepoy dengan lebih memudahkan pengucapan, “Spei”. Sisa-sisa Pojok Beteng ini dapat dilihat di jalan masuk menuju Jalan Mangunegaran. Di sisa-sisa reruntuhan tersebut terdapat prasasti yang menyebutkan tentang pojok benteng yang hancur diserang pasukan Inggris pada masa pemerintahan Sultan HB II.
100_1450

*berbagai sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s