Symbian oh Symbian

Symbian adalah sebuah sistem operasi dan platform software yang didesain untuk ponsel pintar dan saat ini diawasi oleh Nokia. Platform Symbian adalah suksesor daripada Symbian OS dan Nokia Seri 60 yang sebelumnya sudah pernah beredar di pasaran. Symbian OS adalah Sistem Operasi tak bebas yang dikembangkan oleh Symbian Ltd yang dirancang untuk digunakan di peralatan bergerak (mobile). Symbian OS banyak digunakan oleh berbagai vendor produk peralatan komunikasi mobile pada berbagai jenis produk mereka yang bervariasi. Symbian dilengkapi dengan framework antarmuka dan pustaka, serta implementasi berbagai tool standar.
symbian_os_1
Gambar. Symbian OS
Saat ini Symbian dipakai oleh Nokia, Ericsson, Sony Ericsson, Panasonic, Siemens AG, dan Samsung. Symbian memberikan kebebasan bagi para vendor untuk mengembangkan berbagai platform software yang berjalan di atas sistem operasi Symbian. Platform software yang banyak digunakan adalah S60, Nokia Series 80, Nokia Series 90, UIQ, dan MOAP yang pernah BOOMING.

Sejarah dan perkembangan

Sejarah
a. Tahun 1980
Berdiri perusahaan pengembang software Psion yang didirikan oleh David Potter. Produk dari perusahaan itu diberi nama EPOC. Sistem operasi ini lebih difokuskan pada penggunaannya di telepon bergerak.
b. Tahun 1998
Terjadi sebuah kerjasama antara perusahaan Sony Ericsson, Nokia, Motorola dan Psion untuk mengeksplorasi lebih jauh kekonvergensian antara PDA dan telepon selular yang diberi nama Symbian.
c. Tahun 2004
Psion menjual sahamnya dan hasil kerjasama ini menghasilkan EPOC Release 5 yang kemudian dikenal dengan nama Symbian OS v5. Sistem operasi dari Symbian OS v5 itu sudah mulai mengintegrasikan kebutuhan implementasi aplikasi pada perangkat seperti PDA selain telepon seluler. Kemudian muncul perangkat yang dinamakan smartphone dan muncullah pula versi-versi terbaru dari Symbian OS hingga ada yang disebut dengan Symbian v6.0 atau yang lebih terkenal dengan nama ER6 yang merupakan versi pertama dari Symbian OS. Sifatnya terbuka karena pada sistem ini dapat dilakukan instalasi perangkat lunak oleh berbagai pengembang aplikasi. Berikut daftar ponsel pengguna symbian :

gambar 23
Gambar. ponsel Pengguna Symbian ditahun kejayaan 2004

d. Tahun 2005
muncul Symbian OS v9.1 dengan sistem keamanan platform baru yang dikenal sebagai capability-based security. Sistem keamanan ini mengatur hak akses bagi aplikasi yang akan diinstal pada peralatan dalam hal mengakses API. Muncul pula yang disebut dengan Symbian OS v9.2 yang melakukan perbaharuan pada teknologi konektifitas Bluetooth dengan digunakannya Bluetooth v.2.0. Sedangkan yang terbaru, Symbian mengeluarkan Symbian OS v9.3 (dirilis pada tanggal 12 Juli 2006) telah mengusung teknologi wifi 802.11 dan HSDPA sebagai bagian dari komponen standarnya.

e. Tahun 2008
Langkah berikutnya dari evolusi Symbian berlangsung, Nokia membeli seluruh aset Symbian dan mulai menyusuri jalan setapak perangkat lunak untuk open source. Dan terbentuk Symbian Foundation dan seluruh anggotanya melihat ke masa depan dan miliaran mendatang perangkat mobile saling berhubungan, maka akan inovatif kolaborasi-bekerja sama-yang akan membantu membuat orang lebih produktif, lebih kreatif dan lebih terhibur dari sebelumnya.

Perkembangan
* 1980: Psion didirikan oleh David Potter
* 1984: Agenda meluncurkan Psion
* 1987: Psion memulai pengembangan dari “Sibo” (Sixteen Bit Agenda) perangkat dan sistem operasi multitasking disebut EPOC untuk menjalankan produk PDA-nya.
* 1989: Pertama EPOC16 perangkat, MC400 MC200 dan, terutama Artikel Baru 1-bit kapal.
* 1997: Versi Pertama Dari EPOC32 1 Release muncul di ROM Psion Seri 5 v1.0. Sistem operasi EPOC32, Pada saat itu hanya disebut sebagai EPOC, kemudian berganti Nama Symbian OS. EPOC32 adalah sistem pengguna pre-emptive multitasking, tunggal beroperasi dengan proteksi memori, yang mendorong pengembang aplikasi untuk memisahkan program mereka ke dalam mesin dan interface.
* 1998: Psion Software menjadi Symbian, Anak patungan Besar antara Psion dan Produsen ponsel Ericsson, Motorola, dan Nokia. Pada Release 6, EPOC menjadi hanya dikenal sebagai Symbian OS.
* 1999: The Psion Seri 5mx, Psion Seri 7, Psion Revo, Diamond Mako, Psion netBook, netPad, GeoFox Satu, dan MC218 ER5 dibebaskan menggunakan Ericsson. Sebuah proyek telepon diumumkan di CeBIT, yang Illium Phillips / Accent, tetapi tidak mencapai rilis komersial.
* 2000: Ponsel pertama, Ericsson R380 dirilis menggunakan ER5u pada bulan November. Inilah ponsel pertama yang dibekali OS Symbian. Ponsel ini berbasiskan Symbian versi 5 yang merupakan versi unicode dari EPOC versi 5 dari PSION.

9210
Gambar. Nokia 9210 Communicator
* 2001: Yang Pertama dari nokia memakai Symbian OS, Nokia 9210 Communicator, dirilis bulan Juni 2001. Bluetooth dukungan telah ditambahkan. Hampir 500.000 ponsel Symbian yang dikirimkan pada tahun 2001, naik menjadi 2,1 juta pada tahun berikutnya.
* 2004: Psion menjual sahamnya di Symbian.
* 2006: 100 juta ponsel dengan Symbian OS dikirimkan.
* 2008: Symbian diakuisisi oleh Nokia; Symbian Foundation terbentuk.

Sekarang😦

3 thoughts on “Symbian oh Symbian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s