Memilih Smartphone dengan Smart

Masih bingung mencari hape pinter ato telpon pinter nih!!!, jaman sekarang hape lebih pinter daripada orang, bagaimana mau pilih hape nih kalo hapenya lebih pinter dari pada kita. Nggak perlu ragu lagi walopun kalah pinter sama hape pinter atau biasa disebut smartphone, kita bisa jadikan assistan kita dan kita perbudak (bahasa kasarnya) setiap hari. Tapi kita juga harus milih asistan kita tersebut dengan teliti, jangan gara-gara salah pilih kita sendiri yang repot. Adapun tips memilih smartphone dengan smart antara lain : 

  • Jaringan seluler

Jika agan sering berpergian ke luar negeri maupun ke luar kota, pilihlah smartphone dengan jaringan GSM dan bukan CDMA. Karena di luar negeri, agan dapat membeli kartu prabayar untuk dipasang di smartphone agan. Agan pun juga bisa menggunakan jaringan roaming dari operator selular agan. Namun jika Anda lebih banyak di dalam negeri, Anda bisa gunakanjaringan alternatif lainnya seperti CDMA. Tapi jika pengen seperti BOS agan bisa gunakan CDMA dengan nomor lokal.

  • Sistem Operasi (Operating System)

Saatini tersedia berbagai sistem operasi (operating system) untuk smartphone. Beberapa di antaranya yaitu Symbian, Windows Mobile, Android, Linux, Palm OS, dan BlackBerry. Masing-masing memiliki keunggulan dan fungsi-fungsi khusus. Periksalah dengan cermat fungsi-fungsi mana saja yang paling cocok dan paling sering agan gunakan. Hampir semua sistem operasi bisa melakukan fungsi dasar seperti telepon, e-mail, web, dan SMS/MMS. Untuk lebih jelasnya bacalah blog-blog disini.

 

  • Kecepatan Data (Download Speed)

Kecepatandata juga dapat menjadi pertimbangan khusus bagi agan yang sering mengambil data di Internet maupun berkirim data via e-mail. Beberapa smartphone menawarkan kecepatan data 3G hingga HSDPA (High Speed Downlink Package Access) atau 3.5G yang kecepatannya mencapai 7 kalikecepatan 3G. Di jaringan CDMA juga dikenal dengan EV-DO. Jika agan berlangganan paket time based, maka semakin tinggi kecepatan data,semakin murah tagihan pulsa agan karena waktu download yang lebihcepat. Kecepatan data dari yang paling rendah hingga yang palingtinggi yaitu (pada jaringan GSM): GPRS, EDGE, 3G, 3.5G (HSDPA).

  • Konektifitas (Connectivity)

Pastikan agan dapat memindahkan data yang ada di smartphone ke media atau perangkat lainnya dengan mudah. Misalnya agan telah mengambil gambar atau potret yang cukup banyak dalam smartphone milik agan, lalu ingin memindahkan ke komputer atau laptop agan atau mencetak ke printer. Tentu agan memerlukan penghubung ke perangkat lain tersebut sepertikabel data, USB ataupun melalui Bluetooth. Karena itu pastikan bahwasalah satu atau lebih fasilitas koneksi ke perangkat lain tersedia dismartphone yang akan agan beli.

  • Memory

Periksaapakah jumlah internal memory yang tersedia mencukup untuk kebutuhandata agan. Jika agan merasa kurang, periksa juga apakah smartphone tersebut memiliki slot untuk external memory untuk menampung data-data agan.

  • Layar (Display)

Jika agan sering mengerjakan dokumen di smartphone agan, maka pilihlah ukuran layar (display) yang besar. Layar yang lebih besar membuat agan lebih mudah dan nyaman dalam mengolah dan mengerjakan dokumen agan. Namun yang patut diingat adalah ukuran layar yang besar pastiakan membuat batere perangkat tersebut lebih cepat habis. Selain itu pertimbangkan juga kedalaman warna yang ditampilkan. Semakin besar kedalaman warna, maka gambar yang ditampilkan akan semakin indah.

  • Aplikasi

    nokia vs smartphone samsung

    Agan dapat juga memeriksa aplikasi (software) apa saja yang terdapat dalam smartphone tersebut. Jika agan sering mengolah dokumen, apakah sudah ada aplikasi perkantoran di dalamnya (office suite) seperti pengolahkata, spreadsheet maupun aplikasi lainnya. Atau jika agan senang mendengar musik atau menonton film, apakah sudah tersedia aplikasi entertainment yang baik di dalamnya.

  • Koneksi Perusahaan (Corporate Connection)

Jika agan sedang ditugaskan untuk menyediakan smartphone untuk karyawan diperusahaan agan maka pertimbangkan smartphone yang dapat terintegrasi dengan sistem di perusahaan agan. BlackBerry banyak digunakan untuk karyawan perusahaan karena kompabilitasnya untuk terintegrasi dengan sistem e-mail dan server di dalam perusahaan.

  • Layanan Purna Jual

Pastikan agan membeli smartphone melalui distributor yang memiliki layananpurna jual yang jelas. Karena banyaknya fitur pada sebuah smartphone, tentu agan membutuhkan dukungan purna jual yang baik seperti garansi, training product, update software dan perbaikan.

  • Pastikan Lagi

Pastikan lagi sebelum memutuskan membeli produk smartphone dengan mengajukan pertanyaan berikut pada diri sendiri:

  1. Apakah perangkat tersebut nyaman dipegang?

  2. Apakah tampilan layar cukup terlihat jelas?

  3. Apakah harga perangkat tersebut masih masuk akal untuk saya?

  4. Apakah tombol dan keypad mudah digunakan?

Smartphone bukanlah barang yang murah. Agan harus memilih dengan cermat sesuaidengan yang agan butuhkan. Jika kebutuhan utama agan untuk mendengar musik, menonton film, atau bermain games, maka sebaiknya agan cukupmembeli HP dengan fungsi entertainment. Namun jika agan sering menggunakan Internet, bekerja dengan berbagai dokumen, membutuhkan pengatur jadwal dan organizer, maka sebaiknya Anda memilih produk smartphone. Sebuah smartphone dapat melakukan banyak hal untukmempermudah hidup agan. Percayalah !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s