JENIS KEBAKARAN DAN PEMILIHAN TIPE PERALATAN (FIRE)

Kota balikpapan sering terjadi kebakaran, lalu aku harus bilang WAW gitu. Nah, jenis atau kelas kebakaran yang diidentifikasi adalah sebagai berikut :
1. Kelas A : kebakaran yang disebabkan oleh bahan padat yang mudah terbakar, seperti batu bara, kertas, kayu, dan lain-lain.
2. Kelas AC : kebakaran yang disebabkan oleh bahan padat yang mudah terbakar, dan menimpa benda yang berhubungan dengan sumber listrik , misalnya kabel listrik yang bercampur / kotor oleh debu batubara.
3. Kelas B : kebakaran yang disebabkan oleh cairan yang mudah terbakar atau benda padat yang dapat berubah menjadi cair, misalnya oli, bensin, solar, pernis, dan lain-lain.
4. Kelas BC : kebakaran yang disebabkan oleh cairan yang mudah terbakar atau benda padat yang dapat berubah menjadi cair, dan menimpa benda-benda yang berhubungan dengan sumber listrik, misalnya trafo yang bercampur / kotor oleh oli.
5. Kelas ABC : kebakaran yang disebabkan oleh bahan-bahan kelas A dan B, dan menimpa benda-benda yang berhubungan dengan sumber listrik, misalnya trafo yang bercampur / kotor oleh oli dan debu batubara.
6. Kelas D : kebakaran yang disebabkan oleh logam yang terbakar pada suhu tinggi, seperti magnesium, aluminium, titanium, zirconium, sodium, lithium, dan potassium.

Nah, yang harus menyeleksi tipe pemadam kebakaran yang benar untuk masing-masing area berdasarkan jenis resikonya adalah Tim ERT atau manager Safety . Seleksi alat pemadam kebakaran harus berdasarkan kriteria sebagai berikut :
apar
Pada umumnya alat pemadam api seperti dibawah ini yang paling banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan :
Kantor, ruangan computer : Tipe Gas CO2.
Area penampungan minyak : Tipe bubuk Kering ABC.
Peralatan bermotor : Tipe bubuk Kering ABC.
Mess, camp, dapur : Tipe bubuk Kering ABC.
tengkyu sudah dibaca…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s