Sejarah Smartphone

Sejarah smartphone bukanlah beberapa tahun yang lalu, akan tetapi sudah dimulai berpuluh tahun yang lalu. Berikut ini adalah catatan tahun sejarah smartphone :
Simon (1992)
Smartphone pertama yang dibuat adalah Simon; yang dirancang oleh IBM pada 1992 dan dipamerkan di COMDEX, sebuah pameran komputer di Las Vegas, Nevada.
Smartphone tersebut dipasarkan ke publik pada tahun 1993 dan dijual oleh BellSouth. Tidak hanya menjadi sebuah telepon genggam, smartphone ‘Simon’ juga memiliki kalender, buku telepon, jam dunia, notepad, email, kemampuan mengirim dan menerima faks dan permainan.
IBM_Simon
‘Simon’ merupakan smartphone generasi pertama yang tidak mempunyai tombol-tombol alias menggunakan konsep touchscreen. Walaupun sekarang, Simon merupakan produk tingkat rendah, tetapi fitur-fiturnya pada saat itu sangatlah canggih.

Nokia 9000 (1996)

Kemudian Nokia Communicator yang merupakan telepon pintar pertama Nokia. Dimulai dengan Nokia 9000, pada tahun 1996. Smartphone ini merupakan hasil dari usaha penggabungan model PDA buatan Hewlett Packard yang sukses dan mahal dengan telepon Nokia yang laris pada waktu itu.
nokia6
Generasi selanjutnya adalah Nokia 9210 merupakan komunikator berlayar warna pertama dan juga merupakan smartphone sejati yang menggunakan sistem operasi. Namun, meski Nokia 9210 dapat dibilang sebagai smartphone sejati pertama dengan sistem operasi, Nokia tetap menyebutnya sebagai komunikator.

Palm OS Treo (2001)
Pada tahun ini Handspring mengeluarkan telepon pintar Palm OS Treo, dengan papan ketik penuh digabung dengan jelajah jejaring tanpa kabel, surel, kalender, dan pengatur daftar nama, dengan aplikasi pihak ketiga yang dapat diunduh atau diselaraskan dengan komputer.
palm_755p_1

RIM BlackBerry (2002)

Di tahun inilah RIM mengeluakan BlackBerry pertama yang merupakan telepon pintar pertama dengan penggunaan surel tanpa kabel yang maksimal dan penggunanya telah mencapai 8 juta (sampai Juni 2007), tujuh puluh lima persen pemakainya berada di Amerika Selatan.
rimblackberry7290-1356315219-3
Microsoft (2002)
Di tahun yang bersamaan juga Microsoft mengumumkan Windows CE komputer kantong OS dinobatkan sebagai “Microsoft Windows Powered Smartphone 2002″.
micro 2002
Nokia seri-N (2005)
Di tahun inilah Nokia menerbitkan seri-N telepon pintar 3G yang dijual bukan sebagai telepon genggam seperti produk nokia sebelumnya tetapi sebagai komputer multimedia.
Nokia_E6_vs_E7_712011104705

Android (2008)
OS untuk telepon pintar keluaran tahun 2008 ini Android didukung oleh Google, bersama pengusaha piranti keras dan lunak yang terkemuka lainnya seperti Intel, HTC, ARM, Motorola dan eBay, yang kemudian membentuk Open Handset Alliance.
Telepon pertama yang menggunakan Android OS adalah HTC Dream, merk keluran dari T-Mobile sebagai G1. Fitur telepon penuh, layar sentuh secara utuh, papan ketik QWERTY, dan bola jalur untuk menavigasikan halaman web. Piranti lunak cocok dengan aplikasi Google, seperti Maps, Calendar, dan Gmail, juga Google’s Chrome Lite. Aplikasi pihak ketiga juga tersedia lewat Android Market, ada yang gratis ataupun dengan biaya.
htc-dream
Apple (2008)
Dipertengahan tahun ini Apple mempromosikan App Store dengan aplikasi gratis dan dengan biaya. App store dapat menyampaikan aplikasi telepon pintar yang dikembangkan oleh pihak ketiga langsung dari iPhone atau iPod Touch dengan WiFi atau jaringan selular tanpa menggunakan komputer untuk mengunduh. App Store telah menjadi suatu kesuksesan bagi Apple dan pada Juni 2009 terdapat lebih dari 50,000 aplikasi yang ada. App store menembus satu juta unduh aplikasi pada 23 April 2009.
aple
kemudian popularitas App Store dari Apple melonjak, dan banyak yang membuat toko aplikasinya sendiri. Seperti Palm, Microsoft dan Nokia telah mengumumkan toko aplikasi yang mirip milik Apple. RIM juga baru-baru ini membuat toko aplikasinya yaitu BlackBerry App World.

3 thoughts on “Sejarah Smartphone

  1. Pingback: Perkembangan Teknologi Smartphone | Woop Woop!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s