ongklok “yuman”

ongklok

“Ongklok” Adalah mie khas wonosobo jawa tengah, bisa dibilang mirip spageti bercita rasakan khas pegunungan yang dingin. Makanan ini banyak diminati oleh turis interlokal akan tetapi kurang perhatian dari penjaja kuliner karena daerah tersebut merupakan kota kecil. Mie ongklok mempunyai rasa Ebi atau udang, lengket karena memakai tepung tapioka dan inilah khas daerah tersebut. Dalam cuaca dingin hawa panas tersimpan karena cairan yang lengket dan memakai bunga kol yang diiris tebal. enaknya lagi ditambah kucai atau sayuran yang agak langka. Biasanya mie ongklok disuguhkan bersamaan dengan Tempe Kemul, Sate Sapi dengan bumbu merica dan es carica. Berikut pembahasannya

Mie Ongklok

Mi (atau bakmi) ongklok adalah mi rebus khas kota Wonosobo dan sekitarnya. Mi rebus ini dibuat dengan racikan khusus menggunakan kol, potongan daun kucai, dan kuah kental berkanji. Ongklok adalah semacam keranjang kecil dari anyaman bambu yang dipakai untuk membantu perebusan mi. Penggunaan alat bantu ini khas daerah setempat sehingga diberikanlah nama mi rebus ini sesuai dengan alat tersebut.

mie-ongklok

Tempe Kemul

Tempe Kemul merupakan makanan ringan yang dibuat dengan cara digoreng (dibuat dari tempe yang di kasih kemul atau selimut lalu digoreng). ada beberapa macam tempe kemul khas di negara kita ini yang mempunyai ciri tersendiri di daerah masing masing. Di beberapa daerah biasanya tempe kemul disebut juga Mendoan, dan salah satunya tempe kemul yang mempunyai ciri khas yang sedikit berbeda yaitu Tempe Kemul Wonosobo. Pada umumnya Tempe Kemul Wonosobo ini memiliki ciri warna kuning dan untuk ukurannya sebesar telapak tangan. Dan khasnya kemul wonosobo pakai kanji dan kucai.

Tempe-kemul-2

Sate Sapi

Sate sapi didaerah ini bisa dikatakan pedas dengan penguat merica membuat suasana panas terasa unik ditengah suasana pegunungan yang dingin.

sapi

Es Carica

Carica atau pepaya Dieng oleh penduduk setempat sering disebut gandul Dieng dengan nama latin Carica Pubescens atau Carica Candamarcensis. Tanaman ini berasal dari Pegunungan Andes, Amerika Selatan dan mulai dibudidayakan di Indonesia ada masa penjajahan Belanda. Buah Carica ini merupakan tanaman yang hanya tumbuh di dataran tinggi yang bersuhu dingin dan bercurah hujan tinggi. Tapi yo enak lo di daerah tinggi minumnya Es. itulah citarasa Dieng atau wonosobo dengan carica sebagai minuman khasnya. Lalu mengapa dengan “Yuman Ongklok”, karena aku jualan mie ongklok di jogja dengan nama Yuman atau Yudi Maniak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s