Beda Smartphone, PDA dan Pocket PC

Sekilas melihat definisi diatas kita cukup memahami apa itu smartphone dan perbedaannya dengan ponsel atau handphone biasa. Namun jika kita lihat di pasaran, maka kita akan menemui berbagai macam tipe dan bentuk antara Smartphone, PDA dan Pocket PC, yang hampir memiliki kesamaan.
Bagi anda yang ingin membeli smartphone mungkin saja bisa salah memilih karena sekilas ketiganya hampir sama. Apakah kesalahan ini fatal? Tidak juga, hanya saja anda bisa tidak mendapatkan fasilitas yang anda cari.
smart

Gambar. Perbandingan antara Apple iPhone (Smartphone), HP iPAQ Mobile Messenger (Pocket PC), ASUS P565 (PDA) dan LG Prada (Ponsel biasa dengan layar touchscreen).

PDA
‘PDA’ atau Personal Digital Assistant pertama kali dibuat untuk menggantikan organizer konvensional atau agenda. Dimana dulunya orang menggunakan agenda untuk mencatat semua jadwal aktivitas, nomor telepon, atau sebagai pengingat hal-hal yang penting baginya. Namun dengan perkembangan teknologi komputer. Maka diciptakanlah organizer elektronik yang disebut dengan PDA (Personal Digital Assistant).

Dalam perkembangannya, PDA mengalami perubahan baik dari segi software (sistem operasi maupun aplikasinya), segi hardware (kecepatan prosesor, layar berwarna, memori yang besar) maupun juga dari segi bentuk fisik yang semakin kecil dan ringan.

Selain itu sekarang PDA juga telah ditambah berbagai fasilitas yang menarik seperti kemampuan untuk membuat jaringan tanpa kabel (wireless), kemampuan untuk berfungsi sebagai telepon selular, maupun sebagai kamera digital. Dilihat dari kemampuan yang sangat luas dari sebuah PDA maka tidak menutup kemungkinan PDA akan menggantikan posisi notebook yang sangat besar dalam melakukan pekerjaan yang memerlukan komputer tetapi selalu berpindah-pindah (mobile)

Selain itu sekarang PDA juga telah ditambah berbagai fasilitas yang menarik seperti koneksi jaringan tanpa kabel (wireless), tambahan fungsi sebagai telepon selular, maupun sebagai kamera digital. PDA pun kini hadir dengan ‘stylus’ dan keyboard.

Smartphone
Smartphone adalah sebuah ponsel multifungsi yang menggabungkan beberapa fungsi dari sebuah PDA, seperti personal scheduler, kalender dan phone book. Sebuah smartphone dilengkapi dengan kemampuannya untuk mengakses internet, cek e-mail, memainkan game online sampai menulis dan mengedit dokumen spreadsheet seperti file Microsoft Word dan Excel layaknya sebuah komputer mini.

Pocket PC
Sementara untuk Pocket PC, sebenarnya sama dengan PDA (Personal Digital Assistant) yang merupakan organizer elektronik, sehingga Pocket PC bisa dikategorikan merupakan jenis daripada PDA. Namun perbedaannya adalah, Pocket PC menggunakan system operasi Microsoft Windows Mobile. Oleh karena itu dalam Pocket PC disertai dengan Pocket Outlook, Pocket Word, Pocket Excel, sehingga pengguna PDA (Pocket PC) dengan mudah mensinkronisasi data penting di komputer kerja ke dalam Pocket PC.smart

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s