jpeg vs bmp vs png

Foto Digital adalah sebuah gambar tak bergerak (gambar mati), Namun dengan sentuhan kreatifitas editor bisa membuat seolah oleh gambar tersebut hidup.Seperti halnya lukisan, Foto Digital juga bisa bercerita sesuai dengan tema foto tersebut. Sebelum melakukan langkah lebih jauh, Kamu harus mengetahui tentang seluk beluk Fotografi digital seperti Format Foto Digital, standar Format Foto, perbedaan Foto analog dan digital, serta alat edit Foto Digital.
Kamu pasti pernah mendengar kata JPG, BMP, PNG, dan lain sebagainya. Itu semua adalah ekstensi dari Foto Digital. Ekstensi adalah akhiran / deskripsi tipe suatu file. Setiap ektensi mempunyai karakteristik sendiri-sendiri yang tentunya juga mempunyai kelemahan dan kelebihanya masing-masing. Berikut ini contoh esktensi-ekstensi Foto Digital:

JPEG
JPEG Joint Photographic Experts Group (JPEG) merupakan merupakan skema kompresi file bitmap, format file Foto yang paling sering dijumpai, mulai dari kamera digital, foto dari Web, Foto dari Kamera HP, dan dari media digital lainnya,semua karna default formatnya JPEG, itu sebabnya JPEG menjadi format yang sering kita jumpai. Awalnya, file yang menyimpan hasil foto digital ini memiliki ukuran yang besar sehingga tidak praktis. Dengan format baru ini, hasil foto yang semula berukuran besar berhasil dikompresi (dimampatkan) sehingga ukurannya kecil. JPEG dan JPG adalah satu kesatuan yang tidak berbeda.
kelebihan JPEG :
format JPEG adalah dapat diterima pada hampir semua program komputer, baik yang berbasis windows maupun Apple Macintosh, juga diterima pada perangkat lunak power point, word, excel dan sebagainya
JPEG adalah salah satu dari dua standar format file gambar yang digunakan dalam halaman-halaman web.
gambar 1.1
JPEG dapat disimpan dalam varian progresif yang memungkinkan untuk melakukan proses dekompresi secara perlahan dari suatu tampilan kasar sampai ke detail tampilan yang tertinggi.

BMP
Ekstensi ini adalah format yang tidak jauh berbeda dengan Format JPG. Namun biasanya dipakai untuk pelangkap dalam format software mesin cetak seperti FUJIFILM Frontier 5000, untuk membuat ORTHO atau List Pinggir. Bitmap adalah kat lain dari BMP merupakan representasi dari grafis yang terdiri dari susunan titik yang tersimpan di memori komputer. Pengembangnya adalah Microsoft.
gambar 1.2

kelebihan BMP :
Mampu menangkap nuansa warna dan bentuk yang natural.
Lebih cepat dan lebih sesuai untuk ditampilkan ke layar monitor, karena gambar bitmap dapat ditransfer secara langsung dari file ke layar monitor Anda.

PNG
PNG merupakan ekstensi atau format semi mentah,namun format ini tidak bisa menyimpan beberapa foto dalam satu file, artinya hasil simpanan file ini tidak jauh beda dengan JPG. Format PNG ini diperkenalkan untuk menggantikan format penyimpanan citra GIF. Secara umum PNG dipakai untuk Citra Web.
gambar 1.3
kelebihan PNG :
Dukungan luas bagi software menipulasi grafis dan web browser.
Mempunyai fitur transparansi serta dukungan penuh terhadap alpha channel.
Sebagai pengganti format GIF dan TIFF.
Format terbuka atau open, efisien, gratis, dan kompresi jenis lossless.
Mempunyai tiga model warna yaitu paletted, greyscale dan truecolour.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s