Berkenalan dengan virus

Apa itu virus… Jika kamu bersin-bersin, demam, kemudian flu berat, itu artinya anda terserang virus biologis dan menyerang sistem pertahanan di tubuhmu. Virus nggak selalu menyerang tubuh manusia, tapi juga komputermu lho! Nggak beda jauh dengan virus yang menyerang tubuh manusia, virus yang menyerang komputer juga menyebabkan stamina komputer menurun. Lalu apa itu virus komputer.
Virus komputer adalah suatu program komputer yang menduplikasi atau menggandakan diri dengan menyisipkan kopian atau salinan dirinya ke dalam media penyimpanan / dokumen serta ke dalam jaringan secara diam-diam tanpa sepengetahuan pengguna komputer tersebut. Efek dari virus komputer sangat beragam mulai dari hanya muncul pesan-pesan aneh hingga merusak komputer serta menghapus file atau dokumen kita.Kenalan dengan virus? amit amit!!… . Begitulah perasaan setiap orang yang punya komputer atau flasdisk, jangan sampai virus menginap pada alat kesayangan kita ini.
Ada ungkapan, “kenali musuhmu” .. mungkin dapat kita pakai disini, dengan lebih mengengerti tentang virus dari kelas teri hingga kelas kakap kita dapat mencegah komputer kita menjadi sarang virus.
computer-virus-removal-stamp
Virus komputer sesuai dengan namanya memiliki persamaan dengan arti harfiah virus biologis, tapi yang menjadi sasaran adalah kesehatan atau kestabilan komputer, karena mempunyai kemampuan untuk melumpuhkan dan menularkan.
Virus tidak akan menginfeksi suatu file di komputermu lebih dan sekali. Pengandaian komputer memudahkan kamu memahami virus komputer. Nah, sebelum maju ke medan perang, sebaiknya kenali dulu tipe-tipe musuhmu, lihat kebiasaan dan kelebihan baru setelah itu serangan musuhmu.
Virus merupakan suatu program komputer biasa, yang menjadi perbedaan dengan program program lainnya adalah virus dapat menginfeksi program lain, mengubah, memanipulasi bahkan merusaknya. virus akan menular apabila program pemicu atau program yang telah terinfeksi tadi dijalankan.
Berikut ini kriteria suatu program disebut virus :
1. Berkemampuan memperbanyak diri
Virus akan memperbanyak dirinya di file-file dalam komputer. Ini menyebabkan kita sulit mengetahui bahwa sebenarnya virus sudah menyebar pada komputer kita. Virus komputer akan menulari file yang belum tertular, lalu menghapus atau mengubah namanya. Dan akan membuat sebuah file baru dengan nama file tadi, yang sebenarnya adalah virus itu sendiri.
2. Berkemampuan mengumpulkan informasi
Virus komputer memiliki kemampuan mencari informasi di komputer kamu. Virus ini akan mencari daftar nama-nama file yang bisa diinfeksi, menginfeksi komputer, yaitu layaknya petugas sensus, virus akan mendata dulu file-file dalam komputermu yang berekstensi doc. Bahan dengan hak cipta sekalipun.
3. Berkemampuan menyembunyikan diri
Yups betul buangets, virus juga punya kemampuan menyembunyikan diri sehingga kamu nggak bisa mengakses di komputermu, Coba deh, kamu tekan Ctrl + Alt + Del, untuk memunculkan Task Manager yang berisi rincian proses yang sedang dijalankan di komputermu.
task
Task Manager adalah alat yang memperlihatkan kegiatan dalam komptermu. Kamu juga akan tau kegiatan virus jika sedang bekerja. Virus, juga seringkali membuat Task Manager tidak bisa dibuka agar kamu tidak bisa memantau kegiatannya. Ukuran virus biasanya kecil. Ini bertujuan agar kamu tidak curiga dengan file miliknya. Bisa dibilang ini adalah teknik penyamaran virus.
4. Berkemampuan memeriksa keberadaannya sendiri
Virus memiliki kemampuan mengenali suatu file apakah sudah ada ID virus tersebut atau belum. Jika belum, virus akan menginfeksi. Hal ini menghindari penyusupan ganda virus komputer ke suatu file.
5. Berkemampuan memanipulasi
Banyak virus melakukan hal berikut ini untuk menunjukkan eksistensinya.
Mengubah tampilan layar monitormu dengan gambar atau kadang pesan-pesan aneh yang nggak perlu. Biasanya, sih, pesan-pesan ini dari sang virusmaker-nya.
Merusak struktur disk dan menghapus file-file.
Mengganti volume disket.
Mengacaukan kerja alat-alat komputer, baiki tu input maupun output, seperti kerja printer, keyboard, dan berbagai peripheral lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s