PATUNG SINGAPURA DAN BERAS BASAH BONTANG Dab?

Kali ini aku akan mengajak kalian untuk mengenal salah satu wisata di pulau Kalimantan. Mungkin tak banyak yang tahu tentang keberadaan Pulau Beras Basah di Kalimantan Timur karena merupakan tempat wisata yang baru. Yang membuat unik pulau ini memiliki pantai dengan pasir seperti beras kalo orang jawa bilang seperti Beras Teles.

bb
Beras basah adalah suatu pulau yang berada di Kota Bontang, Bumi etam, Kalimantan Timur. Untuk menuju pulau ini, traveler bisa menghabiskan waktu kurang lebih 1 jam menggunakan klotok atau speedboat. Kapal dapat disewa di dermaga kayu di kawasan Bontang Kuala, Bontang.

Air laut yang sangat jernih. dari atas kapal, dapat melihat hijau nya tumbuhan didasar laut. Bahkan sesekali ikan kecil terlihat samar-samar di bawah. Sementara, pulau-pulau yang belum ada penghuninya juga masih banyak. Pulau-pulau kecil itu hanya dipenuhi pohon bakau yang rimbun dan juga ditemukan beberapa perkampungan di atas air laut. Namun rumah-rumah tersbeut tidak terhubung dengan daratan. Disana ada sebuah mercusuar yang cukup tinggi seakan-akan menyambut kedatangan para pengunjung. Akan tetapi alangkah nikmatnya jika kita rehat terlebih dahulu di café Singapore sambil melepas lelah perjalanan jauh. Didalam café Singapore terdapat miniature singa laut yang terdapat di Negara tetangga kita singapura. Tersipu kaget setelah ada teman dari jawa menyapa di WhatsApp “kapan kamu kesingapura” padahal saya hanya mengganti foto profil.
DSC_0116a
Ada sebuah pondokan sederhana di tengah-tengah pulau. Bangunan dari kayu tersebut, cukup luas untuk sekedar menaruh barang bawaan dan sebagai tempat untuk istirahat. Pohon-pohon rimbun di sekitarnya terlihat kokoh meski lokasi nya berada di atas pulau berpasir. Tapi saran saya kalau mau snorkeling harap membawa kacamata sendiri karena tidak ada yang jual dan mandi pun beli air tawar literan.

Bagaimana untuk menuju ke Pulau Beras Basah :

Jika sahabat datang dari manasajalah intinya tiba di kota Bontang Kaltim dahulu, sahabat dapat menyewa kapal di sekitar Bontang Kuala dan Tanjung Laut atau daerah café singapore. Tarif sewa kapal bervariasi, antara Rp 300 hingga 400 ribu. Kapal tersebut menampung 10 penumpang sekaligus. Di Pulau Beras Basah tak ditemui penginapan dan warung makan, maka sebaiknya kalian tidak menginap dan membawa perbekalan berupa makanan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s