Human Error

Human Error..???

Jika ditelusuri dan diteliti dari batang masalah sampai ke akar-akarnya, salah satu penyebab celaka dapat berawal dari kesalahan atau keteledoran manusia. Dalam bahasa Safety dikenal dengan Human Error.
Kesalahan tersebut bisa diartikan sebagai aktivitas atau tingkah laku yang tidak konsekuen dengan peraturan dan prosedur kerja yang sudah ditetapkan oleh peraturan yang ada maupun oleh manajemen.
Dapat digaris bawahi bahwa peraturan dan prosedur tersebut didapatkan melalui proses yang panjang, mulai dari perencanaan, pelaksanaan observasi dan tindak lanjutnya, yang sekarang dikenal dengan nama Job safety Analysis (J.S.A). JSA merupakan awal dari langkah kita, yang nantinya akan menjadi prosedur untuk melakukan pekerjaandan mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan akibat dari kesalahan kita. Selain itu ada hal yang lain yang harus diperhatikan, yaitu :
Yang pertama adalah Memulai semua aktivitas dengan memohon petunjuk dan perlindungan dari Yang Maha Kuasa sebagai manifestasi orang yang percaya dengan kekuasanNya, agar selalu terhindar dari segala macam bahaya yang telah diperhitungkan oleh manusia.
Yang kedua Utamakan selalu aspek yang menyangkut keselamatan dan keamanan dalam merencanakan penyelesain suatu pekerjaan, dan peralatan yang dipergunakan. Jangan karena mengutamakan aspek yang lain, misalnya target produksi dan keuntungan perusahaan maka aspek keselamatan dan keamanan terlupakan.
Yang ketiga Patuhi peraturan dan prosedur kerja yang telah di tetapkan dimanapun kita bekerja.
Yang keempat Selalu waspada setiap saat kemungkinan timbulnya bahaya yang tidak pernah kita perhitungkan sebelumnya.
Hal yang harus ditanamkan ke dalam hati kita adalah Jangan menganggap remeh hal – hal yang sepele..!! Misalnya tindakan seperti :
”ah cuma dekat situ aja safety belt atau helm g’ usah dipake’..”,
”ah cuma dekat situ aja g’ ada sim & stnk g’ apa-apa, g ada polisi juga..”,
”ah kepleset dikit aja g’ apa-apa..”
human erorKarena naluri Safety yang sudah tertanam sejak lahir, seharusnya kita harus cepat mengambil tindakan pengamanan ketika melihat ada tanda-tanda yang kurang aman terhadap teman atau boleh jadi diri kita sendiri yang terancam bahaya. Jadi jangan sakit hati jika diingetkan oleh teman kita, itu berarti temen peduli kepada kita. Kemudian cepat laporkan kepada atasan atau yang lain begitu menemukan hal yang tidak wajar dan mengundang celaka, misalnya segera isolasi tempat tersebut agar tidak ada orang lain yang mendekati.
Intinya kita sebenernya punya tanggung jawab terhadap keselamatan dari diri kita sendiri maupun orang lain otau rekan kerja di sekitar kita.
”have a safe day…”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s